Berbuka Demi Kekutan untuk Menghadapi Musuh

604.Dari Qaza'ah, dia berkata, " Aku pernah datang kepada Abu Sa'id Al Khudri tatkala dia tengah di kerumuni orang banyak. Setelah orang - orang berpisah darinya, aku berkata, " Sungguh aku tidak akan menanyakan apa yang mereka kepadamu tadi.' Aku bertanya kepadanya tentang puasa dalam perjalanan jauh? Ia menjawab, Kami pernah berpergian bersama Rasulullah SAW, menuju kota Makkah, sementara kami berpuasa, " Kata Abu Sa'id, ' Lalu kami berhenti di suatu tempat, kemudian Rasulullah SAW bersabda, " Sesungguhnya kalian telah dekat dengan musuh, dan berbuka akan menguatkan tubuh kalian, Itu adalah kerinaganan, " Maka di antara kalian ada yang berpuasa dan ada yang tidak "Kemudian kami berhenti di tempat lain, beliau berkata, " Sesunggunya kalian esok akan menghadapi musuh, dan berbuka lebih menguatkan tubuh kalian, maka berbukalah," Itu merupakan ketetapan, sehingga kami berbuka. Abu Sa'id berkata, " Setlah kejadian itu, aku ketaui kami berbuka. Abu Sa'id berkata, ' Setelah kejadian itu, aku ketaui bahwa kami berpuasa bersama Rasulullah dalam perjalanan jauh,' ( Muslim 3 /144 )

KEMBALI KE KITAB TENTANG PUASA