Tata Cara Doa Niat Sholat Kusuf Gerhana Matahari Total, GMT 9 Maret 2016

http://news.hargatop.com/wp-content/uploads/2016/03/Ini-Tata-Cara-Sholat-Gerhana-Matahari-Total-696x398.jpg

Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada hari Rabu 9 Maret 2016. Peristiwa langka ini akan dialami oleh 12 provinsi di Indonesia. Jadi ada 12 daerah yang dilewati Gerhana Matahari Total 2016 di tanah air.
Bagi umat Islam ternyata ada doa Sholat khusus ketika Gerhana Matahari tiba. Sholat Gerhana Matahari itu dinamakan Sholat Kusuf.

Hadist Nabi :
Dilansir Hargatop dari Lip.utan6, Sholat Kusuf berdasar beberapa Hadits yang diiantaranya adalah,”Telah terjadi gerhana Matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana Matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “Bahwasanya Matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana.”, HR. Bukhari & Muslim.

Nah pada saat terjadi Gerhana Matahari Total atau GMT 2016 di tanah air, umat muslim Indonesia juga bersiap dengan tata cara Shalat Kusuf.

Lihat Ini Video Gerhana Matahari Total (GMT) Pada Siaran Langsung di TVRI Tahun 1983.

Sholat Gerhana dianjurkan karena pernah dilakukan Rasulullah saw kata Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Jawa Timur Achmad Mulyadi.



“Shalat gerhana ini merupakan syariah dan pernah dilaksanakan oleh Nabi Muhammad semasa beliau masih hidup pada tahun ke-10 Hijriah,” katanya di Pamekasan, Sabtu (5/3/2016). Seperti dilansir dari laman Republik.
Sedangkan Sholat Gerhana Matahari dilakukan dengan 2 rakaat dengan empat kali rukuk. Rakaat pertama, setelah rukuk dan Iktidal membaca Al Fatihah kembali. Kemudian rukuk dan iktidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. Begitu pula yang dilakukan pada rakaat kedua.

Ini Tata Cara Doa Sholat Gerhana Matahari salah satunya menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Indonesia :


  1. Berniat di dalam hati. Saya niat salat sunnah gerhana matahari/ kusuf dua raka’at karena Allah Ta’ala.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Baca doa iftitah, berta’awudz, lalu diikuti surat Al-fatihah dan surat yang panjang dengan tidak dikeraskan suaranya.
  4. Ruku sambil memanjangkannya.
  5. Bangkit dari ruku (itidal) sambil mengucapkan Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana wa lakalhamd’.
  6. Setelah i’tidal, baca surat Al-Fatihah dan surat, yang panjang (lebih singkat dari yang pertama).
  7. Ruku kembali (lebih pendek dari ruku sebelumnya)
  8. I’tidal.
  9. Sujud panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk diantara dua sujud dan sujud kembali.
  10. Bangkit dari sujud, lalu menjalankan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakannya lebih singkat dari sebelumnya).
  11. Tasyud.
  12. Salam.
  13. Setelah salam, Imam menyampaikan kotbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran zikir, doa, istighfar, dan sedekah.
Sementara itu, saat Gerhana Matahari Total tiba pada 9 Maret 2016, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin juga menganjurkan umat Islam melakukan doa khusus Shalat Gerhana Matahari.
Lukman mengatakan bahwa dari laporan yang diterima di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, akan dilakukan Sholat Gerhana

“Ini menunjukan bahwa masyarakat di Palembang telah siap menyambut kedatangan Gerhana Matahari Total (GMT) tersebut,” ujar MenAg.