KITAB SHIAM [ Puasa ]

بسم الله الر خمن الر حبم
 Wawasan Shiam [ Puasa ]
✍. كتاب الصيام
KITAB SHIAM
⭐. FirmanNya ( arti )
Hai orang - orang yang beriman ,di wajibkan atas kamu shiyam sebagaimana di wajibkan atas orang - orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.( QS.2: 183 )

✍🏿.Puasa ( shiam ) merupakan ibadah yang tergolong tua, karena syare'atnya sudah ada pada masa rasul - rasul sebelumnya. Bahkan puasa yang biasa di lakukan oleh orang Jahiliyyah setiap tanggal 10 Muharram serta tiga hari setiap bulan, biasa juga dilakukan oleh Nabi dan para sahabat. Kemudian pada tahun kedua Hijriyyah turun perintah Syiam sunnah di bulan Muharram pada tanggal sembilan dan sepuluh; tanggal 9 disebut Shiam tatsu'a dan tanggal 10  di namakan Shiam  " asura, Adapun shiam tiga hari setiap bulan ,juga menjadi bagian dari syare'at Islam yang di namakan Shiamul Bied. Bied artinya : putih ;puasa putih ini di laksanakan setiap bulan pada tanggal 13,14 dan 15 ( saat bulan berwarna putih = purnama )

👉🏿. Shaum atau shiam ialah
Menahan untuk tidak makan ,minum dan bercampur suami istri,sejak terbit fajar sampai terbebam matahari .

⭐.Shiam ada tiga macam :

A. Shiam Wajib
B.Shiam Sunnah
C.Shiam Haram

🖊️. Shiam Ramadhan.
Shiam Ramadhan yaitu salah satu yang perintahnya termaktub dalam al Qur'an ( QS 2: 183 ) ( arti )

☆.Hai orang -orang yang beriman ,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang - orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ( al Baqarah :183 )

Juga di sabda Rasulullah s.a.w yaitu hadits yang menceritakan tentang kehadiran Malaikat Jibril a.s di hadapan Rasulullah s.a.w di tengah para sahabat Beliau. Ada beberapa pertanyaan yang di hadapkan Jibril kepada Rasulullah s.a.w " Yang pertama tentang al Islam.

☆. Wahai Muhammad ! Jelaskanlah padaku ,apa itu al Islam ? Nabi s.a.w menjawab Islam ialah ... ( salah satunya ) yaitu bershiam di bulan Ramadhan ( 1 bulan penuh ) ....( HR.Bukhari & Muslim )

🖊️. Mulai mengerjakan ibadah shiam dengan ," Rukyat ( melihat bulan ) ,jika terhalang rukyat ,maka dengan ," Istikmal " maksuknya istikmal yaitu mencukupkan bilangan sya'ban menjadi 30 hari.
👇🏿.Sabda Nabi s.a.w ( arti )
عن ابي هريرة ان النبي ص م قل : صوموا لرؤية وافطرروا لرؤية فاان غم عليكم فااكملوا العدة شعبان شلاسين يوما
☆.Dari Abu Hurairah r.a bahwa Nabi s.a.w bersabda ," Bershiamlah kamu karena melihat bulan ( hilal ) dan berbukalah ( berhari rayalah ) karena melihat bulan ( sabit ).HR.Muslim dan Bukhari 

☝🏿.Berdasarkan hadits tsb di atas kita bisa mengetaui petunjuk bahwa cara menentukan awal bulan Ramadhan itu ada dua cara yaitu dengan : 

1.Dengan Rukyat
2.Dengan Istikmal ( mencukupkan hitungan Sya'ban 30 hari )

👉🏿.Namun dengan adanya perkembangan ilmu pengetauan dan Teknologi ,maka dua cara tsb mengalami perkembangan juga ,sehingga bergeser menjadi :

1. Dengan Rukyat
2.Dengan Hisab ( menghitung perjalanan bulan mengelilingi bumi ).

Akan Kita Lanjutkan