Masing - masing Negeri Berbeda Ru'yah



581, Dari Kuraib, bahwa Ummul Fadhl binti Harits mengutusnya kepada Mu'awiyah RA kenegeri Syam. Kuraib berkata, " Maka aku berangkat menuju Syam, akupun telah memenuhi permintaannya. Lalu tibalah bulan Ramadhan, sementara aku masih berada di Syam Aku melihat hilal pada malam jum'at, kemudian aku tiba di Madinah pada penghujung bulan ( Ramadhan ). Abdullah bin Abbas bertanya kepadaku sambil menyebut hilal ( bulan sabit ) dan berkata ," kapan kalian melihat hilal? ," Aku menjawab," Kami melihatnya pada malam Jumat," Ia bertanya, , Apakah kamu melihatnya?,Aku menjawab,'Ya dan orang - orang juga melihatnya. Mereka ( orang - orang di Syam ) berpuasa dan Mu'awiyah juga berpuasa bersama mereka," lalu Ibnu Abbas berkata," Akan tetapi kami melihatnya pada malam Sabtu, dan kami masih berpuasa hingga melengkapi 30 hari atau sampai melihatnya lagi." lalu aku bertanya, 'Apakah tidak cukup bagi kamu dengan ru'yah Mu'awiyah beserta pauasanya ? Ia menjawab, 'Tidak, demikianlah Rasulullah memerintahkan kai," ( Yahya bin Yahya ragu - ragu dalam lafazh hadits, cukup bagi kita atau cukup bagi kamu ( Muslim 3/127