Larangan Berpuasa Terus Menerus



631.Dari Abdullah bin Amru bin Ash RA, dia berkata, " Telah sampai  kepada nabi SAW berita bahwa aku berpuasa terus menerus dan shalat sepanjang malam. Adakalanya beliau mengirim utusan kepadaku dan adakalanya aku menemui beliau. Rasulullah berkata,' Apa benar kamu berpuasa terus menerus ( tiap hari ) dan shalat sepanjang malam?, Maka janganlah kamu lakukan itu, karena matamu mempuyai hak, dirimu mempunyai hak dan keluargamu juga mempunyai hak," Berpuasa dan berbukalah! Shalat dan tidurlah' Berpuasalah sehari dalam tiap-tiap sepuluh hari, maka kamu akan mendapatkan pahala yang sembilan hari,' Dia berkata,' Sesungguhnya saya lebih kuat untuk melakukan itu wahai Nabiyallah," Beliau bersabda, " Puasalah kamu seperti puasa Daud AS, Abdullah bertanya," Bagaimana pausanya Nabi Daud, wahai Nabiyallah? " Beliau menjawab," Daud berpuasa sehari dan berbuka sehari, dan tidak lari jika bertemu musuh," Abdullah bertanya lagi, " Siapa lagi yang bisa aku contoh, wahai Nabi Allah?" Atha' berkata, " Aku tidak tahu  bagaimana beliau menuturkan puasa setiap hari terus menerus," Maka Nabi bersabda," Tidaklah berpuasa orang yang berpuasa terus menerus, tidaklah berpuasa orang yang berpuasa terus menerus,tidaklah berpuasa orang yang berpuasa terus menerus," ( Muslim 3 / 164 )

 KEMBALI KE KITAB TENTANG PUASA