Orang yang Berwudhu Dengan Baik

131. Dari Humran, mantan budak Utsman bin Affan RA, bahwasanya Utsman bin Affan pernah meminta air untuk berwudhu. Kemudian dia berwudhu lalu membasuh dua telapak tangannya tiga kali, kemudian berkumur dan menghirup air dengan hidung,lalu menghembuskannya. Setelah itu dia membasuh wajahnya tiga kali, kemudian membasuh tangan kanannya hingga siku tiga kali, kemudian membasuh tangan kirinya dengan cara seperti itu, kemudian mengusap kepalanya lalu membasuh kakikanannya hingga mata kakinya tiga kali, kemudian membasuh kaki kirinya dengan cara seperti itu, lalu dia berkata." Saya telah melihat Rasulullah SAW berwudhu seperti wudhu saya ini dan kemudian Rasulullah SAW bersabda," Barang siapa berwudhu seperti wudhuku ini lalu berdiri melakukan shalat dua raka'at tanpa berbicara terhadap dirinya sendiri, maka di ampuni dosanya yang telah lalu," 

Ibnu Syihab berkata," Bahwasanya para ulama kita mengatakan, " ini adalah wudhu yang paling sempurna yang di lakukan seseorang untuk shalat. ( Muslim 1/141 )

132. Dari Humran, bahwasanya Utsman RA berkata, " Rasulullah SAW telah bersabda, " Barang siapa menyempurnakan wudhu sebagaimana yang di perintahkan oleh Allah SWT, maka shalat-shalat wajib tersebut menjadi pelebur dosa antara shalat yang satu dengan shalat yang lainya. " ( Muslim 1 /143 )

133. Dari Utsman RA, dia berkata, " Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, " Barangsiapa berwudhu untuk shalat dan dia menyempurnakan wudhunya, kemudian dia berjalan untuk melakukan shalat fardhu bersama orang - orang atau secara berjamaah di masjid maka Allah mengampuni dosa- dosanya," ( Muslim 1 /144 )



KEMBALI KE KITAB TENTANG WUDHU