Berinteraksi Dengan Al Qur'an

M
بسم الله الر خمن الر حبم
Persiapan Wawasan Shiam [ Puasa ]

✍. BERINTRAKSI DENGAN al -  QUR'AN.
👉.Kewajiban Kita Terhadap al Qur'an 

✔️. Hak al Qur'an sesungguhnya terhadap kita sangatlah besar ,demikian juga kewajiban kita terhadap al Qur'an sangatlah Agung.👇🏿

Diantara hak al Qur'an terhadap kita ;

 👉. Meyaqininya sesuai dengan pemahaman dan Aqidah Ahlus sunnah wal jama'ah bahwa al Qur'an ialah kalamullah yang diturunkan [ al Kalamul Munazzal ] dan dia bukan makhluq. Dari Allah al Qur'an bermula dan kepadaNya akan kembali.

👉. Menghormati al Qur'an sesuai kedudukannya,mengagungkan derajatnya ,memuliakanya dengan sempurna.Karena serta mencintainya dengan sempurna.Karena al Qur'an adalah firman Rabb kita ,maka mencintainya berarti mencintai dzat yang memfirmankanya.Abdullah bin Abbas r.a berkata "

#.Barang siapa yang ingin tahu ,apakah dirinya sudah mencintai Allah ,hendaklah ia mengukur dirinya sejauh mana ia telah mencintai al Qur'an 
Maka apabila ia telah benar - benar mencintai al Qur'an maka ia telah mencintai Allah ,karena Al Qur'an adalah kalamullah.

👉. Mempelajari ,mengejarkan dan menda'wahkan [ ilmu - ilmu ] yang ada di dalam al Qur'an 

Sabda Nabi s.a.w 

خير كم من تعلم القران وعلمه[ روا٥ البخا ري ]
#.Sebaik - baiknya kalian adalah yang belajar al Qur'an dan mengajarkanya. ( HR.Bukhari, Abu Daud, Turmudzi)

Di terangkan pula bahwa hal ini sebaik- baik taqarrub dan ketaatan,  Berkata Shahabat Khabbab r.a ,"Bertaqarrublah kepada Allah semampunya ,sesungguhnya anda tidak akan dapat bertaqarrub kepadaNya dengan sesuatu yang lebih Dia cintai dari pada melantunkan kalamNya.

√.Bersungguh - sungguhlah saudaraku [ semoga Allah melindungimu ] dalam mempelajari ,tilawah, tajwid, dan makhrujul khurufnya,Rasullah s.a.w bersabda [ arti ]

#. Barang siapa yang mahir dalam al Qur'an akan bersama- sama dengan para malaikat yang mulia ,yang senantiasa berbuat baik ,sedangkan orang yang membaca al Qur'an dengan terbata - bata serta terasa berat, di berikan padanya dua pahala (HR.Bukhari dan Muslim )

✔️.Kemudian tidakkah merasa hina seorang muslim yang sampai tua dan beruban tidak bisa membaguskan tilawah Qur'anya ???

#. Bumi manakah yang akan aku pijak dan langit manakah yang akan aku naungi ,bila aku [ berani ] mengatakan tentang kitabullah yang aku sendiri tidak tau maksudnya.

Abu Bakar as Shiddiq r.a pernah berkata ketika beliau di tanya tentang ayat yang beliau sendiri tidak memahami kandunganya.

✔️.Sabda Nabi.s.a.w [ arti ]

#. Manusia pertama yang di adili pada hari kiamat adalah seorang yang mati syahid ia menghadap kepada Allah ,kemudian Allah memperlhatkan nikmat yang telah di karuniakan kepadanya. Allah bertanya ,"  Untuk apa engkau berbuat dalam hal ini ? " Ia menjawab ; Aku berperang untuk- Mu ,sehingga aku mati syahid," Lantas di jawab ,"Engkau dusta,sesungguhnya engkau berperang agar manusia mengatakan bahwa engkau seorang pemberani, kemudian Allah memerintahkan agar dia di seret dan dilemparkan ke neraka.Kemudian datanglah seseorang yang belajar al Qur'an dan mengajarkanya ,lalu Allah memperlihatkan nikmat yang telah di karuniakan kepadanya .Allah bertanya ,"Untuk apakah engkau berbuat dalam hal ini ?" Ia menjawab "Aku belajar dan mengajarkan ilmu yang kudapat serta membaca al Qur'an untuk-Mu.Allah menjawab; 'Engkau dusta ,sesungguhnya engkau belajar agar di katakan alim dan engkau membaca al Qur'an agar dikatakan seorang qari,' kemudian di perintahkan agar ia seret dan dilemparkan ke dalam neraka ( HR.Muslim & Abu Hurairah )

Akan Kita Lanjutkan