Lanjutan Berinteraksi degan Al Qur'an

بسم الله الر خمن الر حبم
Persiapan Wawasan Shiam [ Puasa ]

✍. BERINTRAKSI DENGAN al QUR'AN

👉🏿. Kewajiban Kita Terhadap Al - Qur'an 

✍🏿. Memelihara Bacaan ( tilawah dan tartilnya )

☆.Allah s.w.t berfirman ( arti )

#. Sesungguhnya orang - orang yang selalu membaca Kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam - diam dan terang - terangan ,mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi " ( QS.al Fathir : 29 )

* Benar ,bagaimana perdagangan mereka di katakan merugi ,sedang kan keuntunganya sangatlah melimpah ruah, Bayangkan ,kalau satu huruf saja yang di baca ,dapat melahirkan sepuluh lipat pahalanya.

Sabda Nabi s.a.w ( arti )
#.Barang siapa membaca satu huruf dari al Qur'an ,maka baginya kebaikan hingga sepuluh kali lipat ; aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf ,melainkan alif satu huruf ,lam satu huruf ,dan .mim satu huruf ," ( HR. Tirmidzi :  5035  dari Ibnu Mas ' ud )

⭐. Hendaklah kita mengalokasikan waktu secara konsisten untuk membaca Al - Qur'an setiap hari ,jangan sampai melewatkanya secara teratur juga.

🖊️. Iringilah bacaan kita dengan tadabbur dan khusyu' berhentilah dimana seharusnya waqaf, sambungkanlah dimana seharusnya washal.Jika kita membaca ayat yang berhubungan dengan janji buruk ( wa'id ) ,hendaklah kita berta'awwudz.Jika kita membaca ayat tasbih,maka bertasbihlah.Jika kita membaca ayat - ayat sajdah, Hendaklah bersujud. Dan bersungguh - sungguhlah dalam memperbagus suaramu untuk al Qur'an dan lantunkanlah dengan tenang ( jahar ). 

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah s.a.w ( arti )👇🏿;

#. Tidak lah Tuhan idzinkan untuk mendengarkan sesuatu sebagaimana Dia idzinkan kepada Nabi ,dalam hal memperbagus suara ,untuk melantunkan Al Qur'an dengan terang ," ( HR.Bukhari : 6/4735  & Muslim : 792 dari Abu Hurairah ).

✍🏿.Jadikanlah waktu malammu lebih luang untuk membaca al Qur'an dan Shalat malam, karena hal itu merupakan waktu pilihan dan kebaikan yang melimpah bagi orang- orang baik. 👉🏿.Sabda Nabi s.a.w ( arti )

#. Tidaklah ada hasad kecuali dalam dua perkara; ( diantaranya ) seseorang yang Allah berikan anugrah al Qur'an ,lalu dia selalu beramal denganya siang dan malam...( HR.Bukhari & HR.Muslim )

🖊️.Juga di perkuat oleh FirmanNya ( arti )
👇🏿
#. Dan pada sebagian malam hari bersembayang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah - mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji," ( QS: al Isra : 79 )