Lanjutan Wawasan Kitab Shiam - Musafir

بسم الله الر خمن الر حبم
Wawasan Shiam [ Puasa ]

✍. كتاب الصيام
KITAB SHIAM

🖊️.SHIAM BAGI MUSAFIR

👇🏿.Beberapa hadits yang ada kaitanya  dan dapat di fahami dengan  kedudukan shiam bagi musafir [ arti ]
١.👇🏿
لبس من البر الصو م في السفر ( اي لمن ضل عليه واشتد الحر 
☆.  Akan tidak baik dampaknya apabila dalam safar bershiam dalam kondisi lemah , seperti iklim yang sangat panas dll ( HR.Bukhari )

٢.👇🏿
لم يعب اصحاب النبي صى م بعضهم بعضا في الصوم والا فطار
☆. Para sahabat Nabi tidak saling mencela , walaupun ketika dalam perjanan mereka berbeda sikap dalam hal  shiam [ ada yang shiam dan ada yang berbuka ] ( HR
Bukhari )


🖊️. SHIAM NADZAR 
Shiam nadzar yaitu shiam yang di nadzarkan apabila yang di minta atau yang di harapkan terpenuhi atau tercapai .Seperti ; Saya akan  bershiam kalau anak saya lulus ujian, Kalau teryata a anak saya lulus dalam ujian negara umpamanya maka saya wajib memenuhi nadzar itu.Sebenarnya ,jika di hayati maksud nadzar ,nampak terkesan bàhwa seseorang itu bakhil.Kenapa demikian ?, Sebab jika nadzarnya tidak di penuhi, maka ia tidak akan melakukan kebajikan yang di nadzarkan nya itu.

👇🏿.Sabda Nabi s.a.w [ arti ]
☆. Nadzar itu tidak mendatangkan kebaikan , ia hanyalah perilaku orang - orang yang bakhil ( HR. Bukhari 6693 )

🖊️ BEBERAPA HAL YANG TIDAK SAMPAI MEMBATAL KAN SHIAM 

■. Berkumur - kumur
Berkumur - kumur saat shiam boleh di lakukan ,tetapi tidak terlalu dalam. 
👇🏿Sebagaimana Sabda Nabi s.a.w [ arti ]
☆. Dalam - dalamlah menghisap air [ waktu berkumur - kumur  ] ,kecuali jika sedang shiam. ( Sunan Abu Daud 2: 93 )


👇🏿.Lainya 
 Sabda Nabi s.a.w [ arti ]
☆. Dari Umar ia berkata, Suatu hari aku merasa gembira kemudian aku mencium [ istriku ] padahal aku sedang shiam.lalu aku medatangi Nabi s.a.w dan bertanya ; Hari ini saya melakukan masalah besar ,saya mencium istri saya padahal saya sedang shaum. Rasulullah s.a.w bersabda ," Apakah pendapatmu jika engkau berkumur - kumur dengan air padahal engkau shaum ? " Aku jawab : Hal ini tidak apa - apa , Nabi bersabda ; " Lalu mengapa ? ( HR. Ahmad dan Abu Daud - al Fathur Rabbani 10 : 52 , Aunul Ma' bud : 7: 12 )


■. MENGGOSOK GIGI 
Menggosok gigi di perbolehkan bahkan di anjurkan untuk menjaga kebersihan mulut. 

👇🏿.Sabda Nabi s.a.w  [ arti ]
Dari Amir Rabi'ah meriwayatkan ;
☆. Aku melihat Rasulullah s.a.w ,sedang menggosok gigi padahal ketika itu Beliau sedang shaum  " ( HR.Ahmad dan al Bukhari )

■. MENUANGKAN AIR DI ATAS KEPALA 
Menuangkan air di atas kepala apabila kepanasan saat sedang shaum ,pernah di lakukan oleh Rasulullah s.a.w seperti di teranghkan oleh seorang shahabat nabi s.a.w [ arti ]
☆ Sesungguhnya aku melihat Rasulullah s.a.w menuangkan air di kepalanya karena panas ketika shiam ( HR. Ahmad ,Musnad bin Hambal ; 6 : 519 )




WAWASAN ISLAM - PUASA-PUASA SUNNAH




AL - QUR'AN & TERJEMAHANYA



Assalamualaikum Akhi dan Ukthi Silakan Simak dan di Dengarkan Ayat2Nya dan Terjemahnya dari Channel Kami " Wasasan Islam " dan jangan lupa di Subcribe dan Like ,supaya Channel Wawasan Islam tambah berkembang dan bermanfaat [ maklum baru mulai ] berikut link2nya dan Channel Wawasan Islam yang kami buat.👇👇

🙏 Sedekah kan SUBCRIBE & SHARE nya untuk  Dakwah Channel Wawasan Islam  dengan begitu Akhi dan Ukhti pahala yang juga mengalir InsaAllah aamiin🙏

✍🏿 Di Bawah Channel ☆ WAWASAN ISLAm ☆ 


Al - QUR'AN & TERJEMAHANYA :

ZUZH AMMA [ 30 ]

1. Al - Fatehah & Terjemahanya 

2.An Nas & Terjemahanya

3. Al - Falaq & Terjemahanya

4. Al - Ikhlas & Terjemahanya

5.Al - Lahab & Terjemahanya

6.An - Nasr & Terjemahanya

7.Al - Kafirun & Terjemahanya


8.Al - Kausar & Terjemahanya


9.Al Ma'un & Terjemahanya

10.Al Quraisy & Terjemahanya


11.Al Fil & Terjemahanya

✍🏿.Surah Lainya 

A. Ar - Rahman & Terjemahanya


B. Al Mulk & Terjemahanya


✍🏿 FiQIH 
A. KITAB PUASA 
 
1. PUASA - PUASA SUNNAH

👉🏿 Alhamdulillah Semoga Bermanfaat akan kami lanjutkan ☆ SUBCRIBE & SHARE nya 🙏